Skip links
Metamark.id - Apa manfaat SEM untuk digital marketing?

Search Engine Marketing (SEM), Kelebihan dan Kekurangannya

Metamark.id – Tak jauh berbeda dengan SEO, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi digital marketing untuk menempati halaman pertama google dengan keyword tertentu dengan cara berbayar. Contohnya, kita ingin website kita bisa muncul dengan cepat di halaman pertama google sesuai kata kunci (keyword) yang di inginkan maka kita bisa menggunakan platform iklan berbayar seperti google ads.

Singkat kata, SEM adalah sebuah teknik mengiklankan website di laman mesin pencari seperti Google. Jika anda sering mencari sesuatu baik itu produk, property atau bahkan sebuah alamat di halaman pencari Google, maka akan keluar banyak hasil organik dan hasil dari iklan. Nah, hasil teratas yang biasanya ada label iklan inilah yang di sebut dengan Search Engine Marketing.

Dan tak hanya Google saja, halaman pencari seperti Bing dan lainnya juga sudah memiliki fitur SEM. Namun dari semua halaman mesin pencari, Google merupakan yang paling banyak di gunakan. Hal itu terjadi karena Google nyaris 90% menguasai pangsa pasar. Dengan demikian, peluang mendapatkan traffic lebih besar jika memasang iklan di Google Ads.

Biasanya, biaya yang harus dibayarkan jika menggunakan Google Ads adalah sistem Pay Per Clik (PPC). Metode sistem ini, anda akan diminta membayar jika ada audiens mengklik iklan anda yang ditayangkan oleh Google. Lalu SEM itu penting atau tidak untuk praktik & strategi digital marketing? Apa manfaatnya?

Manfaat Search Engine Marketing

Untuk meraih hasil maksimal dalam menjalankan digital marketing, semua cara tentunya sangat penting termasuk melakukan praktik SEM ini sendiri. Dan jika ditanya apakah SEM ini ada manfaatnya? Tentu sangat bermanfaat, berikut diantaranya:

1. Meningkatkan Konversi

Sesuai kebutuhannya, SEM memang lebih dimanfaatkan untuk menghasilkan konversi yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan, SEM biasanya menargetkan kata kunci yang ditujukan kepada audiens website yang memang sudah memiliki keinginan untuk melakukan pembelian. Hal inilah yang akhirnya akan meningkatkan konversi Anda.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Meski tujuan utama dari SEM ini adalah konversi, namun penggunaan SEM juga bagus untuk meningkatkan brand awareness yang Anda miliki, Dari sejumlah hasil riset yang dilakukan oleh pihak Google, SEM mampu meningkatkan brand awareness lebih tinggi hingga 80% dibanding penggunaan SEO atau produk lainnya. Karena berdasarkan mekanisme nya, meski tidak diklik tetapi iklan Anda akan tetap tampil dihalaman mesin pencari.

3. Biaya Yang Dapat Disesuaikan

Menggunakan fitur SEM kita dapat menentukan biaya sesuai dengan kemampuan dan budget, akan tetapi hal yang harus diingat adalah semakin banyak anggaran yang kita keluarkan maka semakin besar kesempatan Anda mengalahkan kompetitor. Begitupun sebaliknya, jika anggaran yang kita keluarkan terlampau kecil, maka kita akan terbenam oleh kompetitor.

4. Efektif Untuk Menjangkau Pelanggan Lokal

Menjangkau audiens yang berdekatan dengan lokasi bisnis yang Anda miliki adalah salah satu keunggulan dari SEM. Metode SEM ini memang dapat kita setting sesuai demografi yang ingin kita targetkan. Oleh karena itu, usaha atau bisnis kita akan lebih mudah ditemukan oleh target yang kita tuju dan penduduk lokal yang ingin berkunjung. Dan dari hasil riset, para pelaku digital marketing mengaku mendapatkan konversi dan brand awareness yang lebih tinggi daripada sebelumnya.

5. Bayar Hanya Jika Mendapat Klik

Salah satu mengapa SEM banyak digemari karena mekanisme pembayaran menggunakan skema Cost per Click (CPC) atau biaya per klik. Seperti yang sudah dibahas diatas, Anda hanya akan membayar jika iklan Anda diklik, dan Anda tidak perlu membayar jika iklan tidak di klik oleh audiens.

6. Kontrol Menyeluruh

Hal yang menguntungkan lain dari SEM ini adalah anda memiliki keleluasaan dalam mengontrolnya dari segi biaya, timeline hingga hasil yang ingin di dapatkan. Kontrol ini juga meliputi pemilihan kata kunci, jenis iklan bahkan demografi yang sesuai dengan website atau produk yang akan di promosikan.

Kekurangan Search Engine Marketing

Namun demikian, sama seperti hal lain yang memiliki kelebihan SEM nya juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut sejumlah kekurangan SEM:

1. Membutuhkan Waktu Lebih

Membutuhkan banyak waktu untuk menentukan kata kunci yang ampuh sesuai dengan target yang Anda inginkan. Selain itu perangkat dan aplikasi juga sangat berpengaruh kepada kualitas promosi Anda.

2. Sangat Kompetitif

Karena mesin pencari seperti Google memiliki milyaran informasi, maka dari itu anda memang dituntut untuk bersaing dengan kompetitor lainnya. Hal ini dapat menguras budget Anda karena semakin besar anggaran maka semakin besar kesempatan Anda mengalahkan kompetitor.

3. Minim Konten Visual

Salah satu kekurangan pemasaran menggunakn SEM ialah minim konten visual. SEM hanya menampilkan sebuah judul website pada halaman mesin pencari.

Leave a comment