Metamark.id – Search Engine Optimization (SEO) adalah praktek optimasi sebuah website guna meningkatkan visibilitas dan posisi website tersebut di dalam mesin pencarian (search engine) yang bertujuan untuk memudahkan calon costumer untuk menemukannya. Dengan SEO, website akan berpotensi menyedot lebih banyak traffic. Bukan hanya sekadar traffic, jangkauan audiens Anda juga akan lebih tertarget. Atau singkatnya sesuai tujuan situs itu sendiri seperti meningkatkan branding, sumber informasi, dll.
Dari jenisnya sendiri, SEO sendiri atas 4 bagian:
On-page SEO
On-page SEO adalah proses mengoptimalkan konten yang terdapat di situs web seperti optimalisasi copy writter, keyword, header, meta description, title, featured image, dan lain-lain. Namun untuk metode on-page SEO, digital marketer perlu melakukan riset keyword, optimisasi metadata, dan melakukan internal linking.
Off-page SEO
Off-page SEO sendiri sama seperti on-page SEO yakni mengoptimalkan konten. Dilakukan diluar website yang bertujuan menggiring calon costumer masuk ke halaman website kita. Off-page SEO dapat dilakukan melalui media sosial seperti Facebook, instagram, Youtube, WhatsApp dll.
Technical SEO
Technical SEO adalah jenis strategi SEO lainnya yang mengacu pada tindakan yang bisa membantu search engine merayapi situs web dan meningkatkan user experience (UX). Sekedar informasi, cara kerja dan algoritma search engine akan selalu berubah menjadi lebih kompleks. Maka dari itu, proses kerja dari jenis SEO ini biasanya akan terus berkembang. Contohnya inisiatif terbaru dalam metode technical SEO adalah memastikan bahwa tidak ada masalah dengan crawlability dan UX situs. Dengan demikian kita bisa memperbaiki website speed, mobile friendly, dan struktur situs saat menerapkan strategi technical SEO.
Lokal SEO
Pada bagian Lokal SEO ini, sifatnya lebih berfokus pada lokasi bisnis dengan tujuan meningkatkan kehadiran online situs di komunitas daerah bisnis. Dan juga mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan lokal dengan memberikan informasi alamat, jam buka, deskripsi, ulasan, dan foto produk untuk meningkatkan kepercayaan dari pelanggan.
Jadi, pada faktanya SEO tidak hanya berbicara soal ranking website saja. Tetapi juga mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic yang masuk ke website dan blog Anda.
Dengan demikian, pengunjung website bisa dipastikan tidak hanya asal mampir, namun cukup membantu Anda dalam meraih tujuan yakni meningkatkan branding hingga mendongkrak angka transaksi.