Skip links
Metamark.id - Pengertian Digital Marketing, Kelebihan dan Cara Menjalankannya

Digital Marketing: Definisi, Kelebihan dan Cara Menjalankannya

Metamark.idDigital marketing atau pemasaran online merupakan aktivitas atau kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk, brand serta bisnis dengan menggunakan media digital (online) dengan banyak kelebihan. Tujuan dari digital marketing sendiri adalah untuk menarik perhatian dan menyasar pelanggan yang lebih tepat sasaran. Dalam prakteknya, pemasaran online dinilai lebih efektif dan hemat waktu jika dibandingkan dengan cara pemasaran offline.

Hal itu dikarenakan digital marketing dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa harus bertemu langsung dengan pelanggan ataupun calon pelanggan. Hebatnya lagi, aktifitas digital marketing mampu menentukan target pelanggan berdasarkan minat, usia dan gender dengan cukup akurat. Yang mana hal ini tidak dapat dilakukan dalam cara pemasaran offline.

Dalam keterangan sejumlah ahli pemasaran, pemasaran online adalah cara yang sangat sederhana namun sangat berpengaruh dalam menggaet pelanggan. Hal itu dikarenakan pemasaran online mampu membangun kesadaran dan pengetahuan calon costumer terkait produk ataupun brand yang kita pasarkan tanpa mereka sadari dan tanpa paksaan.

Kelebihan Digital Marketing

Jika dibandingkan dengan pemasaran offline, digital marketing memiliki banyak keunggulan. Berikut beberapa kelebihannya:

  • Menyebar lebih cepat

Karena dilakukan dengan cara online, penyebaran informasi produk atau brand yang kita promosikan dapat dilakukan dalam waktu yang sangat singkat. Bahkan dalam hitungan detik. Selain itu, kita bisa mengatur waktu kapan akan menyebarkan informasi produk atau brand yang kita promosikan. Tanpa harus melihat situasi dan kondisi seperti cara marketing offline.

  • Menjangkau lebih luas

Dengan digital marketing, jangkauan promosi kita sangat luas tidak terbatas pada lokasi dimana kita berada. Kita dapat memasarkan suatu produk untuk dilihat seluruh pelosok negeri bahkan seluruh dunia sesuai dengan keinginan kita.

  • Lebih murah dan efisien

Berdasarkan pengalaman sejumlah ahli, biaya  promosi digital bisa menghemat hingga 40% jika dibandingkan dengan biaya pemasaran offline dan tradisional. Hal itu juga di ungkapkan oleh Gartner’s DM Spend Report. Yang mana dari survey yang mereka lakukan pada 2018 lalu jika lebih dari 67% pelaku usaha kecil merasakan kemudahan dan efisiensi serta memutuskan untuk beralih ke pemasaran online.

  • Mudah di evaluasi

Pelaku kegiatan digital marketing dapat melakukan evaluasi dan memperbaiki iklan promosi yang dinilai kurang efektif berdasarkan data yang telah tersedia dan tercatat oleh sistem. Dari catatan tersebut, kita bisa menghitung hasil penjualan berdasarkan iklan yang kita buat. Dan mengevaluasi nya agar lebih menarik perhatian para pelanggan.

Platform dan Media yang Bisa Digunakan untuk Menjalankan Pemasaran Online

Dari keterangan dan kelebihan yang telah dijelaskan diatas, pola, teknis hingga eksekusi untuk menjalankan strategi digital marketing sudah dapat kita bayangkan. Produk atau brand yang kita pasarkan dapat di akses oleh siapa pun dan dimana pun jika terhubung dengan internet (online). Dan berikut beberapa jenis atau media yang bisa kita gunakan untuk menjalankan pemasaran online.

  • Website

Jika berbicara digital marketing, website atau laman online dengan optimasi SEO memiliki peranan cukup penting. Dengan memiliki website, sebuah perusahaan, produk, atau brand akan membantu menumbuhkan kepercayaan costumer untuk mengetahui bisnis atau usaha apa yang kita jalankan sehingga akan memudahkan mereka untuk menyimpulkan dan mengambil keputusan.

  • Social Media

Platform jejaring sosial saat ini memang tak bisa dipisahkan dari digital marketing. Pasalnya, setiap orang bisa melakukan kegiatan promosi atau beriklan apapun di media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, WhatsApp, Tiktok dan lain-lain. Bahkan sebagian besar platform sosial media telah menyediakan sarana untuk setiap penggunanya bisa melakukan promosi dan pemasaran.

  • Email dan Telemarketing

Di awal-awal lahirnya digital marketing, metode email dan telemarketing ini cukup populer digunakan sebagai sarana promosi di kalangan menengah keatas sekelas perusahaan. Namun sekarang ini, semua kalangan termasuk pelaku usaha kecil, menengah hingga personal familiar dengan metode ini dan masih terus di terapkan untuk menjaring konsumen. Metode ini cukup murah dan mudah karena bisa menggunakan email yang bisa kita dapatkan dengan gratis untuk memberi informasi dan melakukan follow up costumer melalui telepon untuk mencapai kesepakatan.

  • Konten

Seiring berkembangnya strategi dan teknis digital marketing, konten baik berupa tulisan dan video menjadi salah satu faktor penentu dan sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan minat pelanggan dan calon pelanggan memahami apa yang kita promosi kan. Tentunya dengan catatan dibuat semenarik mungkin. Sehingga edukasi dan informasi yang kita sampaikan tidak membuat bosan target atau audiens yang kita tuju.

 

Leave a comment